Kamis, 24 September 2015

SELAMAT IDUL ADHA 1436H

Saudara-saudara umat Muslim merayakan Hari Raya Idul Adha sebagai salah satu hari raya Islam. Idul Adha memperingati peristiwa kurban, sebuah peristiwa ketika Nabi Ibrahim bersedia mengorbankan putranya, Ismail untuk Allah. Pada saat Nabi Ibrahim hendak mengorbankan putranya, Allah menggantikan tempat Ismail dengan seekor domba.

Pada saat Idul Adha di pagi hari semua umat Islam berkumpul di masjid-masjid, dan bahkan ada yang di tanah lapang/alun-alun untuk menjalankan sebuah kewajiban sholat dua roka'at yang disebut sebagai Sholat Idul Adha. Hari raya ini jatuh pada tanggal 10 bulan Dzulhijah, jatuh persis 70 hari setelah perayaan Idul Fitri.


Ada dua hal penting mengenai Idul Adha yakni:
  1. Melaksanakan Ibadah Haji. Ibadah Haji sebagai salah satu rukun Islam yang wajib dilakukan oleh umat Islam yang mampu (istathoah), menguasai pengetahuan Ibadah Haji dan mampu mengamalkannya, mampu membiayai segala rangkaian Ibadah Haji ke Baitullah, memiliki kesehatan fisik dan psikis untuk menunaikan segala rukun dan sunnah Haji ke Baitullah, dan merasa aman dalam proses perjalanan Ibadah Haji.
  2. Berqurban yang merupakan ibadah yang dianjurkan kepada umat Islam untuk melakukannya, karena ibadah qurban tidak hanya untuk mendekatkan diri kepada Allah SWT, rabbil ‘izzati, melainkan mendekatkan diri kita dengan sesama insan, terutama yang seaqidah ketika di Masjidil Haram dan di Arafah ketika wuquf.

Mengucapkan selamat merayakan Idul Adha 1436H.

Sumber artikel dari: sini dan berbagai sumber

 
Gambar diambil dari: sini


Tidak ada komentar:

Posting Komentar